AdvertorialKota Banjarbaru

Minimnya Stok Darah, RSDI Banjarbaru Luncurkan Mobile Unit Transfusi Darah

0

RSDI, REPORTASE9.COM – Manajemen Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru menggebrak inovasi melalui peluncuran Layanan Mobile Unit Transfusi Darah sebagai bentuk jawaban persoalan atas kondisi minimnya stok darah yang kerap terjadi.

Dengan dilakukannya penyesuaian dan modifikasi sedemikian rupa, sebuah unit mobil telah disiapkan untuk mengumpulkan stok darah di kota berslogan “JUARA” (Maju, Agamis dan Sejahtera -red) ini.

Walikota Banjarbaru, H.M Aditya Mufti Ariffin, SH, MH, mengungkapkan bahwa peluncuran layanan ini dapat menjadi solusi utama atas kelangkaan stok darah. Sehingga ke depannya diharapkan dengan kebutuhan stok darah yang mumpuni, RSD Idaman dapat mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kita sering mendapatkan laporan bahwa stok kantong darah di RSD Idaman sedang kosong. Tentu kondisi seperti itu harus kita antisipasi karena ini kebutuhan yang sangat urgent, menyangkut nyawa seseorang,” katanya, Selasa (28/6/2022).

Aditya juga sangat mengapresiasi manajemen RSD Idaman Banjarbaru yang terus berbenah dan berinovasi dengan metode layanan yang kekinian. Terkhusus apresiasi ini disampaikannya kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang terus melayani masyarakat tanpa kenal lelah.

“Saat ini layanan yang diberikan pemerintah sudah seharusnya menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Saya sangat mengapresiasi atas peluncuran layanan ini. Semoga bisa berjalan lancar dan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” jelasnya.

Disisi lain, Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru, Dokter Danny Indrawardhana, MMRS, melalui Kasi Sarana Prasarana Medik, Harun Arrasyid, menjelaskan secara teknis operasional layanan Mobile Unit Transfusi Darah ini menggunakan metode sistem jemput bola.

Dirinya menerangkan unit mobil yang disiapkan ini akan dikerahkan ke area publik atau titik-titik tempat berkumpulnya masyarakat. Selain itu pula juga katanya juga mobil ini akan beroperasional di lokasi-lokasi pelaksanaan kegiatan sosial.

“Jadi ini merupakan salah satu langkah konkrit RSD Idaman dalam pemenuhan stok transfusi darah. Komitmen kita bergerak menjemput stock darah dan dengan begitu masyarakat bisa tercover layanannya,” terangnya.

Pemenuhan stok darah, ujar Harun termasuk juga demi mendukung layanan unggulan RSD Idaman Banjarbaru. Dimana saat ini, rumah sakit milik pemerintah ini baru saja membuka Layanan Hematologi Onkologi Anak yang dikhususkan dalam penanganan gangguan pada darah.

“Layanan Unggulan ini harus didukung dari segi aspek apapun. Semoga layanan ini bisa berjalan maksimal dan semakin banyak masyarakat yang mau berobat ke RSD Idaman,” tuntasnya.

Muhammad Asfiani

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Advertorial