Kabupaten Balangan

Program BALIDAKU Diluncurkan Disdukcapil Bersama RSUD Balangan

0

BALANGAN, REPORTASE9.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bersama RSUD Balangan melaksanakan penandatanganan kerjasama sekaligus launching program BALIDAKU (Bayi Lahir Dapat Kado), bertempat di BLUD RSUD Balangan, Senin (15/08/2022).

Adapun Kado yang dimaksud adalah dokumen kependudukan untuk bayi yang baru lahir.

Direktur RSUD Balangan drg. Sudirman mengungkapkan latar belakang diluncurkannya program BALIDAKU.

“Bermula dari apa yang kita temui terkait layanan pasca melahirkan di RS, ada pasien kami yg tidak bisa mengurus dokumen kependudukan, maka kami berinovasi dengan program BALIDAKU untuk membantu masyarakat, kami ingin setelah mendapat pelayanan di RS, pasien merasa puas dan senang, maka dari itu kami berinovasi untuk membantu pasien dan bayi yang dilahirkan untuk langsung mendapatkan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA),” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Balangan Hifnie, berharap inovasi ini dapat memudahkan, agar masyarakat tidak perlu repot datang ke kantor Disdukcapil.

“Alhamdulillah sudah terlaksana penandatanganan kerjasama, dengan adanya kerjasama ini, pasien yang melahirkan di RS tidak perlu repot lagi datang ke Disdukcapil, karena sudah difasilitasi oleh RSUD Balangan, disana sudah ada blangko yang perlu di isi, lalu disampaikan ke Disdukcapil lewat online, lalu kami tanggapi dan akan dikirim dokumen PDF,” ujarnya.

Kepala Disdukcapil juga menyebutkan persyaratan terkait dokumen kependudukan bayi yang baru lahir diantaranya, kartu keluarga asal, buku nikah, KTP Ayah dan Ibu.

“Kami juga ada inovasi yg kami sebut LASUNG KU TALU (layanan langsung ku terima 3 dokumen) jadi pasien yang melahirkan di RS seyogyanya hanya mendapatkan akta kelahiran, namun akan kami tindaklanjuti dengan tambahan 2 dokumen, diantaranya, Kartu Identitas Anak (KIA) dan si bayi akan langsung masuk kedalam kartu keluarga, jadi dalam 1 urusan 3 dokumen terpenuhi / terselesaikan. Semoga dengan adanya ini masyarakat yang sudah bahagia, bisa lebih bahagia lagi,” jelasnya.

Dengan adanya kerjasama ini, pihak rumah sakit akan menyampaikan berkas ke Disdukcapil lewat online, berkas yang dikirim akan ditindaklanjuti dan diverifikasi, lalu akan di kirim dokumen kependudukan berbentuk PDF.

“Harapan kedepannya, kami bisa selalu meningkatkan pelayanan agar seluruh masyarakat memiliki dokumen kependudukan, dengan memberikan berbagai inovasi, untuk memudahkan agar masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke kantor Disdukcapil,” tutupnya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like