Daerah

Pererat Rasa Persatuan Di Momentum Hari Pahlawan

0

BANJARMASIN, REPORTASE9.COM – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin bersama-sama memperingati Hari Pahlawan 10 November dengan menggelar ziarah di dua lokasi, Selasa (10/11).

Kedua lokasi tersebut ialah Tugu 9 November di Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur dan Monumen Pahlawan di Kelurahan Antasan Besar Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Diawali seremonial dalam bentuk upacara, kegiatan ziarah tersebut ketika berlangsung di Tugu 9 November dipimpin oleh Dandim 1007/Banjarmasin, Kolonel Czi M. Leo Pola Ardiansa. S dan saat digelar di Monumen Pahlawan dipimpin oleh Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan.

PLT Walikota Banjarmasin, H Hermansyah dalam kegiatan tersebut mendoakan para pahlawan yang gugur dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia tak terkecuali yang gugur mempertahankan Kota Seribu Sungai itu agar mendapat tempat yang layak disisi Allah SWT.

“Kita yang di tinggalkan meneruskan perjuangan mereka, kemudian momentum hari pahlawan ini untuk mempererat rasa persatuan,” kata H Hermansyah usai pelaksanaan ziarah.

Beliau mengungkapkan perjuangan para pahlawan tersebut bukan hanya memperjuangkan dan merebut kemerdekaan, akan tetapi para pahlawan juga berjuang agar Bangsa Indonesia bisa sejajar dengan bangsa bangsa lain di Dunia.

“Kita berharap generasi ini meneruskan perjuangan itu, Bagaimana agar Indonesia ini bisa jaya, makmur, sejahtera, Ya salah satunya dengan kita bersama-sama bersatu termasuk dalam pemulihan ekonomi saat Pandemi seperti ini,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaannya, ziarah tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan membatasi peserta, adapun rute diawali dengan berkumpul di depan Balai Kota Banjarmasin dan dilanjutkan menuju ke Tugu 9 November untuk seterusnya ke Monumen Pahlawan dengan agenda yang sama yakni meletakkan karangan bunga.

Ditanya mengenai hari pahlawan, Kolonel CZI M. Leo Pola Ardiansa. S juga mengatakan, bahwa seluruh masyarakat Indonesia merupakan Pahlawan saat pandemi ini.

“Menjadi Pahlawan saat ini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, yakni dengan cara kita menggunakan masker, mencuci tangan serta menghindari kerumunan. Kita semua bisa menjadi pahlawan untuk memerangi Covid-19,” kata Kolonel CZI M. Leo Pola Ardiansa. S.

Selain menggelar ziarah dan apel detik detik Hari Pahlawan, sebagai bentuk penghargaan Pemko Banjarmasin juga memberikan tali asih berupa sembako dan uang tunai kepada ahli waris pejuang 9 November yang diserahkan langsung Plt Walikota Banjarmasin, H Hermansyah.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Daerah