AdvertorialDaerahKabupaten BalanganLingkungan

Ternyata!!! Dalam Sebulan Sampah Masyarakat Balangan Mencapai Ratusan Ton

0
(Sumber Foto : Istimewa)

BALANGAN, REPORTASE9.COM – Dalam kurun waktu satu bulan, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Balangan bertempat di Desa Batu Merah, Kecamatan Lampihong menerima sampah masyarakat hingga 840 ton.

Hal tersebut diungkapkan pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PSL PKLH) Kabupaten Balangan, Agung Otomo, Senin (22/02).

Menurutnya, angka tersebut memang terbilang wajar lantaran dalam perharinya saja sampah yang masuk ke TPA tersebut mencapai angka kurang lebih 40 ton berasal dari berbagai kategori penyumbang limbah sampah terbagi menjadi tiga kategori.

Ia menyebut, kategori pertama adalah sampah publik, seperti pasar, rumah sakit dan fasilitas lainnya, untuk kategori kedua ada sampah yang dihasilkan oleh Desa, dan yang terakhir adalah sampah domestik atau sampah yang dihasilkan oleh perusahaan.

“Dari kategori satu saja sudah masuk sebanyak 28 ton sampah dalam seharinya, dan kategori kedua dalam sehari menghasilkan 9 ton sampah dari 60 armada pengangkut sampah dari berbagai desa di Balangan, dan 2 ton sampah yang dihasilkan oleh perusahaan katering atau makanan,” ujarnya.

Dilihat dari tahun sebelumnya atau di 2020, Ia  menambahkan, total sebanyak hampir 10 juta ton sampah yang masuk ke TPA tersebut.

Kendati demikian, para warga masyarakat tidak mengetahui kalau konsumsi limbah sampah di Balangan mencapai 840 ton dalam sebulannya.

Seperti yang dikatakan oleh, Indra Rahman salah seorang mahasiswa mengatakan, tidak mengetahui kalau konsumsi sampah masyarakat di Balangan sangat banyak,

“Baru tahu saya, kalau limbah sampah yang masuk ke TPA Batu Merah itu setiap harinya ada puluhan ton,” katanya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Advertorial