BanjirKota BanjarmasinPeristiwa

Ruas Jalan di Banjarbaru, Terendam Akibat Luapan Air

0

BANJARBARU, REPORTASE9.COM – Sebagian wilayah Kota Banjarbaru terendam oleh genangan air, dikarenakan guyuran hujan dengan intensitas tinggi, pada Senin,(04/07/2022) sekitar pukul 05.30 WITA, hingga sekarang.

Adapun terpantau kondisi di ruas Jalan Ahmad Yani dekat lampu merah Brimob KM 31, genangan air yang merendam jalanan mengakibatkan arus lalu lintas terganggu.

Berdasarkan keterangan salah seorang warga, Muhammad Zaini menerangkan, kondisi rendaman air di lokasi tersebut diperkirakan setinggi lutut, bahkan hingga pinggang orang dewasa.

“Kalau diperkirakan sudah selutut kaki orang dewasa, sedangkan di dekat Kolam Renang Antasari Loktabat mencapai pinggang orang dewasa, karena dekat bantaran sungai,” ucapnya.

Lanjutnya hingga pukul 11.50 wita, dikatakannya untuk ketinggian air di lokasi Jalan Ahmad Yani KM 31 dekat lampu merah Brimob sudah berangsur menurun, sehingga sudah bisa dilalui kendaraan bermotor.

“Dari pantauan kondisi air sudah berangsur surut dan sudah bisa dilalui Roda 2 maupun Roda 4,” ungkapnya.

Diketahui titik-titik yang terdampak luapan air seperti di Kelurahan Kemuning tepatnya di Kampung Pelangi dan permukiman di belakang SMP Muhammadiyah Banjarbaru, juga ikut tergenang hingga se pinggang orang dewasa.

Melihat sejumlah wilayah Kota Banjarbaru terendam, saat dikonfirmasi melalui whatsapp Kalak BPBD Kota Banjarbaru, Zaini Syahrani mengatakan pihaknya telah menurunkan seluruh personil ke lapangan.

“Semua personil kelapangan,” jawabnya singkat.

Update terbaru Peringatan Dini Cuaca Kalimantan Selatan oleh Prakirawan BMKG Kalimantan Selatan untuk tanggal 4 Juli 2022 pukul 07:30 WITA masih berpotensi terjadi Hujan Sedang hingga Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang.

Yang terjadi pada pukul 08:00 WITA di wilayah Kabupaten Tanah Laut: Bati Bati, Kabupaten Banjar: Aluh Aluh, Kertak Hanyar, Gambut, Martapura, Karang Intan, Astambul, Simpang Empat, Beruntung Baru, Martapura Barat, Tatah Makmur.

Kabupaten Barito Kuala: Alalak, Kota Banjarmasin: Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Timur, Banjarmasin Barat, Banjarmasin Utara, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarbaru: Landasan Ulin, Cempaka, Banjarbaru Utara, Banjarbaru Selatan, dan sekitarnya.

Dan dapat meluas ke wilayah Kabupaten Tanah Laut: Takisung, Jorong, Pelaihari, Kurau, Panyipatan, Tambang Ulang, Batu Ampar, Bajuin, Bumi Makmur,
Kabupaten Banjar: Aranio, Mataraman, dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 10:00 WITA hingga intensitas hujan sudah mereda.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Banjir