AdvertorialKota BanjarmasinLingkungan

PLN Melaui Program TJSL, Bangun Dermaga Desa Kampung Hijau di Banjarmasin

0

REPORTASE9.COM – Desa Wisata Kampung Hijau di Kelurahan Sungai Bilu, Kota Banjarmasin mendapat dukungan support dari PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) untuk pembangunan dermaga. Rabu,(29/06/2022).

PLN UIW Kalselteng melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) wujudkan pembangunan Dermaga Desa Wisata Kampung Hijau ini guna bisa membantu dan bermanfaat bagi ekonomi masyarakat.

Pembangunan Dermaga Desa Wisata Kampung Hijau ini secara resmi dibangun, ditandai dengan pemukulan pancang kayu oleh Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Dalam kesempatan peresmian tersebut Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, dengan dibangunnya dermaga ini berpotensi membantu percepatan pemulihan ekonomi kota berjuluk Seribu Sungai pasca Pandemi Covid-19.

“Tentunya ini akan mempercepat pemulihan ekonomi Kota Banjarmasin pasca pandemi, apalagi pembangunannya tetap mempertahankan keasrian Kampung Hijau, jadi pohon-pohonnya tidak ditebang melainkan menyatu dengan desain dermaga,” ungkapnya.

Ibnu Sina menilai, dengan keasrian yang tetap dijaga, Dermaga Kampung Hijau ini nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, dan pastinya juga meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN, semoga pembangunan dermaga ini bisa berjalan cepat agar masyarakat juga segera bisa memanfaatkan fasilitas yang dibangun,” terangnya.

Sementara itu, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Kalselteng Sigit Fanani mengatakan, alasan dipilihnya Kampung Hijau sebagai penerima manfaat TJLS PLN untuk memajukan wisata sungai yang ada di Kota Banjarmasin.

“Banjarmasin ini kan dikenal sebagai Kota Wisata Sungai, termasuk Kampung Hijau, jadi dengan dibangunnya dermaga ini banyak yang berkunjung, dan otomatis dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat,” paparnya.

Sigit menambahkan, selain pembangunan dermaga, PLN UIW Kalselteng juga turut memberikan pendampingan terhadap pelaku UMK di Kampung Hijau untuk mendapatkan sertifikasi halal.

“Kita juga memberikan pendampingan bagi pelaku UMK disini, khususnya pengrajin kerupuk udang untuk mendapatkan sertifikasi halal agar produknya bisa lebih diterima lagi di masyarakat,” pungkasnya.

Adapun untuk pembangunan dermaga ini, estimasi waktunya diperkirakan selama 1,5 bulan, dan Dermaga Kampung Hijau nantinya juga akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya, seperti tempat sampah agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Advertorial