AdvertorialEkonomiKabupaten Balangan

Panen Porang Bersama Bupati Balangan, Petani Diharapkan Diberikan Pengetahuan Lebih

0

BALANGAN, REPORTASE9.COM – Hadiri acara Panen Raya Porang Desa Buntu Karau Kecamatan Juai, Bupati Balangan ingin jika petani porang di Balangan diberikan pengetahuan serta wawasan yang lebih luas terkait cara pengembangan tanaman tersebut, Jum’at Sore (19/03).

Dalam sambutannya, Bupati Balangan H Abdul Hadi sempat menjelaskan beberapa komoditi jenis tanaman perkebunan di Balangan yang pernah didatangkan oleh Dinas Pertanian Balangan.

“Kala itu, Kadis Pertanian (Ir Tuhalus) pernah mendatangkan karet unggul yang di coba untuk di tanam dan dibagikan di beberapa desa di Balangan, kemudian ada komoditas jagung yang mulai dibudidayakan, serta hari ini kita Kabupaten Balangan telah menemukan salah satu tanaman yang bernilai ekonomis tinggi seperti porang ini,” paparnya.

Disamping itu, Kabupaten Balangan kini juga merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang meng ekspor tanaman porang sampai pada negeri Jepang.

Sebab itu, untuk lebih mengembangkan tanaman porang di Balangan, Abdul Hadi meminta kepada Kepala Dinas Pertanian Balangan agar dapat memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai porang kepada para petani.

“Sesuai dengan visi misi kami (HAS) “meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian”, kedepannya komoditas tanaman porang akan menjadi salah satu program unggulan kita,” jelasnya.

Ia berharap, agar mudah-mudahan tanaman porang dapat merata di tanam di Kabupaten Balangan nantinya, sehingga hal ini akan menjadi nilai tinggi dan dapat lebih membantu nilai ekonomi para petani.

“Salah satu cara mencapai kesejahteraan masyarakat itu ada di pertanian dan perkebunan, melalui porang ini salah satu pintu masuk kita untuk mencapai kesejahteraan itu di Kabupaten Balangan,” tutup Abdul Hadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Balangan Rahmadi Oe’un mengatakan, ada sekitar 120 hektar lahan porang di Kabupaten Balangan dan total 410 Petani Porang yang terdata di Balangan.

“Kalau kita lihat dari luasan tersebut memang sangat kecil, dengan tanaman pangan dan tanaman perkebunan, tetapi kalau kita lihat dari sisi produksi dalam satu hektar itu bisa sampai 125 ton,” katanya.

Apalagi Kementerian Pertanian lanjut Rahmadi Ou’en, itu menginginkan, mewajibkan setiap kabupaten, mengekspor satu komoditas pertanian, dan Kabupaten Balangan sendiri menjadi satu-satunya kabupaten yang mengekspor Porang ini hingga ke Jepang,

“Kedepan Dinas pertanian akan terus mengembangkan dan mebina para kelompok-kelompok petani Porang, sesuai arahan Bupati,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan nantinya di diperkirakan di Minggu pertama bulan April, ekspor pertaman Porang Balangan ke Jepang,

Dalam pelaksanaan Panen Raya Porang Desa Buntu Karau Kecamatan Juai, Bupati Balangan beserta Kepala Dinas Pertanian dan tamu undangan lainnya berhasil mengumpulkan tanaman porang dengan berat rata-rata di atas 5 kilogram.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Advertorial