AdvertorialEkonomiKabupaten Banjar

Mahalnya Harga Daging Sapi, Ada Faktor Penyebabnya

0

BANJAR, REPORTASE9.COM – Menjelang perayaan Idul Adha 1443 Hijriah, harga daging sapi di Pasar Bautung Batuah Martapura relatif masih tergolong mahal per kilogram.

Seperti yang diungkapkan Penjual daging sapi Ubay, untuk saat ini harga daging sapi per kg tembus Rp 150.000. Kalau yang kualitas bagus 1 kg Rp 160.000.

“Kalau saat ini makin mahal, karena barang kosong, soalnya daging impor kosong, terus ada penyakit kuku dan mulut (PKM), jadi yang ada hanya daging sapi lokal aja yang dijual,”ujarnya. Kamis,(9/6/2022).

Ubay mengatakan, menjelang Idul Adha ini penjualan tidak mengalami lonjakan sama sekali, karena kan banyak orang yang ber qurban. Dibandingkan saat Idul Fitri masih ada lumayan signifikan.

“Kalau dekat hari Idul Adha biasa-biasa aja penjualan daging, krena kan sekaligus ibadah qurban momentnya. Beda saat lebaran idul fitri lumayan meningkat omset,”ungkapnya.

Mengenai hal ini Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar melalui Kepala Bidang Perdagangan Mahmud mengatakan, dari data yang terhimpun untuk harga daging sapi dari Rp140.000 menjadi Rp 150.000.

“Kalau saat ini untuk daging sapi memang cendrung naik juga, sekitar 10%,”ungkapnya.

Mahmud menjelaskan penyebab terjadinya kenaikan untuk daging sapi ini salah satunya terkait menjelang mendekati hari-hari besar, lalu terhambatnya distribusi dan adanya penyakit pada sapi atau faktor lainnya, itu sangat berpengaruh terhadap pasokan daging sapi.

“Kenaikan harga ini biasanya menjelang hari-hari besar nasional atau keagamaan, terjadinya hambatan di distribusi, atau faktor lainnya,”terangnya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Advertorial