DaerahHiburanLingkungan

Jangan Hanya Dibuang, Ampas Kopi Juga Bisa Dimanfaatkan

0

BANJARBARU, REPORTASE9.COM – Ampas kopi ternyata memiliki beragam manfaat, antara lain sebagai campuran pupuk dan masker atau scrub kulit tubuh dan wajah.

Diungkapkan oleh Vika, Jumat (08/01), ampas kopi dapat digunakan kembali dengan cara mencampurnya dengan tanah agar tanaman dapat tumbuh subur. Vika sendiri sudah sering menerapkan hal ini, terutama untuk tanaman bunga mataharinya.

“Aku kemarin menanam bunga matahari, terus ampas kopinya bisa disebar atau diaduk sama tanahnya, selain ampas kopi bisa juga pakai ampas teh, atau thai tea,” ucapnya.

Sementara itu, ampas kopi juga bagus untuk perawatan kulit, seperti yang biasa dilakukan oleh Abidah, seorang ibu rumah tangga di Banjarbaru. Ia kerap memanfaatkan ampas kopi untuk wajah maupun badan.

“Ampas kopi itu bagus dijadikan masker atau lulur badan, bikin kulit jadi terasa bersih, lembut, sama lembab juga.” pungkas Abidah.

Selain manfaat yang sudah disebutkan oleh Abidah, ternyata masih banyak lagi manfaat kopi untuk kulit. Dilansir dari halodoc.com, kopi juga dapat mengurangi selulit, menghilangkan noda hitam di wajah, mencegah kanker kulit, mengobati jerawat, menyamarkan mata panda, maupun mengembalikan warna kulit yang menghitam akibat terpapar sinar matahari.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Daerah