AdvertorialBerita Utama

Bulan Mutu Karantina, Balai KIPM Bagikan Ikan Segar Bermutu

0

KALSEL, REPORTASE9.COM – Balai Karantina Ikan dan Penjaminan Mutu Banjarmasin melaksanakan penyerahan paket ikan segar kepada sejumlah masyarakat Kota Banjarbaru, Rabu (28/04).

Kegiatan ditandai dengan dilepasnya mobil box pengangkut ikan segar oleh Kepala Balai KIPM Banjarmasin bersama Walikota Banjarbaru.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Bulan Mutu Karantina Tahun 2021 yang mengusung tema “ Ikan Sehat Bermutu Untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat “.

Balai KIPM Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan Peduli Sosial dengan Penyerahan Paket Ikan Segar kepada Masyarakat.

Bulan Mutu Karantina Tahun 2021 merupakan public awareness BKIPM dalam rangka membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan.
 
Terdapat 3 (tiga) kegiatan yang dilaksanakan Balai KIPM Banjarmasin dalam Bulan Mutu Karantina tahun 2021 ini yaitu:

  1. Bakti Sosial : Penyaluran bantuan ikan sehat dan bermutu kepada masyarakat dan Coaching clinic, yang saat ini kita lakukan.
  2. Bakti Lingkungan : Pelepasan benih ikan species lokal. Dijadwalkan pada bulan Mei 2021
  3. Pekan Pelayanan Publik : Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan pelayanan yang lebih inovatif, mudah, cepat, terjangkau dan terukur.
     
    Melalui Bulan Mutu Karantina tahun 2021 ini, Balai KIPM Banjarmasin sebagai salah satu UPT KIPM turut berperan aktif dalam menyediakan sumber gizi dari protein ikan melalui penyaluran produk perikanan kepada masyarakat. Bantuan yang disalurkan diperoleh dengan menyerap hasil perikanan dari pelaku perikanan, sehingga membantu para pelaku usaha yang kesulitan memasarkan produknya ditengah pandemic ini.
     
    BKIPM KKP melalui Balai KIPM Banjarmasin pada momen tersebut bekerjasama dengan CV. Media Kreasi Abadi yang bergerak dalam bidang Event Organizer (EO) sebagai pelaksana dalam kegiatan ini, menyalurkan bantuan berupa ikan sehat dan bermutu kepada masyaraka. Bantuan ini disalurka kepada masyaratakat yang kurang mampu dan/atau yang terdampak pandemik Covid-19, pondok-pondok pesantren, Rumah Disabilitas dan Panti asuhan.
     
    Pada kesempatan ini, bantuan yang diberikan berupa ikan segar yang terdiri dari Ikan Patin Segar dan Ikan Bawal Tawar Segar. Jumlah bantuan yang disalurkan adalah sebanyak 3.900 kg terdiri dari 2.600 kg ikan patin segar dan 1.300 kg ikan bawal tawar segar.  Bantuan Ikan segar ini dibagi menjadi 1.300 paket, masing masing paket berisi 3 kg (2 kg ikan patin dan 1 kg ikan bawal). Bantuan disalurkan di 20 titik yang ada di kota Banjarbaru
     
    Dalam Kesempatan ini Kepala Balai KIPM Banjarmasin Sokhib, S.Pi, MP, menyampaikan bahwa “ melalui kegiatan ini diharapkan kebutuhan protein masyarakat di tengah wabah pandemi Covid- 19 tetap dapat tercukupi, kegiatan ini merupakan wujud peran aktif Balai KIPM Banjarmasin dalam membantu pelaku usaha, masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19”.
     
    “Kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan peran strategis perkarantinaan dan keamanan hayati ikan, serta pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan”, tambahnya
     
    Turut hadir dalam kegiatan ini Walikota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Ariffin yang secara simbolis menyerahkan paket bantuan ikan segar kepada masyarakat. Dalam sambutannya, Aditya Mufti Ariffin menyampaikan “ Kegiatan bakti sosial ini memang belum terlalu berarti karena tidak dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang memerlukan, akan tetapi kegiatan ini semoga menjadi Triger para pemangku kepentingan sosial masyarakat untuk bersama sama lebih peduli”
     
    Dalam kesempatan yang sama, Balai KIPM Banjarmasin juga menggelar kegiatan Bazar Produk Perikanan UMKM Kota Banjarbaru serta Coaching Clinic Ikan Sehat dan Bermutu kepada masyarakat. Coaching clinic ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana memilih ikan yang layak untuk di konsumsi, serta cara mengetahui ikan sehat dan bermutu dalam rangka membangun dan meningkatkan Gerakan masyarakat sadar mutu dan karantina.
     
Muhammad Asfiani

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

You may also like

More in Advertorial