Kota Banjarmasin

Pagar Siring Sungai Hilang, Warga Harapkan Perbaikan Agar Tak Membahayakan

0

BANJARMASIN, REPORTASE9.COMWarga kawasan Siring Masjid Sultan Suriansyah, Jalan Kuin Kota Banjarmasin mencemaskan sejumlah pagar tepi sungai yang mengalami kerusakan hingga copot.

Bahkan tak hanya sedikit pembatas sungai Martapura itu hilang, sehingga warga setempat, Rohana (55) menilai copotnya pembatasan pagar sungai terjadi berangsur sudah lama, dikarenakan rapuh faktor usia.

“Mungkin 3 tahunan kalau sudah kaya ini, rapuh lalu guguran ke sungai. Dulu pernah ada diganti, tapi gantinya itu galam aja pang, makanya cepat rusak, copot,” jelasnya.

Padahal, setiap harinya kawasan Siring itu dijadikan tempat bersantai kebanyakan masyarakat disana.

Melihat lubang berngangaan seperti itu Rohana menilai sangat membahayakan bagi masyarakat yang tengah berada disana khususnya anak-anak.

“Ada pang kalau upaya dulu, baru 1 kali, itupun sudah lama. Yang rusak itu tidak hanya kayu tapi juga reng, paku-pakunya juga harus dikuati,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Usri (66), seorang pedagang di kawasan tersebut. 

Ia mengatakan, sejak 2 tahun belakangan dirinya berjualan disitu, keadaan lubang dengan kondisi berngangan di pagar tersebut sudah tampak dibiarkan begitu saja.

Hingga saat ini, ujar Usri, dirinya tak pernah melihat upaya perbaikan apapun yang dilakukan pihak terkait memperbaiki fasilitas publik tersebut.

“Aku kurang tahu kalau masalah tinjau atau bagaimananya, tapi dari aku jualan disini kondisinya begitu tidak ada orang yang memperbaiki,” papar penjual cendol itu.

Pendapat yang sama diutarakannya juga dengan Rohana, melihat kondisi yang begitu tak mengenakan ia menilai sangat membahayakan. 

“Pastinya membahayakan pang, soalnya sore banyak anak kecil yang main disini, kalau-kalau tercebur ke sungai,” katanya.

Harapan yang sama Rohana dan Usri berharap, agar kandang (pagar) pembatas Sungai itu bisa segera diperbaiki dan ditindaklanjuti.

“Mudahan-mudahan segera diperbaiki, agar tidak membahayakan,” harap mereka.

Terpisah, upaya konfirmasi sudah dilakukan oleh wartawan Reportase9.com kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin, Bidang Pengerjaan Sungai.

Namun Kepala Bidang yang bersangkutan tidak ada di tempat.

Hingga berita ini diterbitkan, tim akan mencoba melakukan upaya konfirmasi lain waktu kepada yang terkait.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like