Berita UtamaNasional

Belasan SMK di Kalsel Masuk Dalam Program Kemendikbud RI

0

REPORTASE9.COM – Sebanyak 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kalimantan Selatan ditunjuk sebagai Sekolah Pusat Unggulan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsuri saat ditemui Rabu (15/9) mengatakan, Pusat Keunggulan (PK) merupakan program yang di inisiasi Kemendikbud pusat dalam meningkatkan mutu sekolah SMK.

“Ini adalah program pengembangan SMK untuk kompetensi keahlian tertentu dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja,” ujarnya

Dimana nantinya, ke -11 sekolah tersebut akan menjadi sebuah rujukan yang juga berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas kinerja SMK lainnya di Banua.

“Oleh karena itu, SMK tersebut nantinya dapat menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang keahliannya yang terserap ke dunia usaha dan dunia kerja,” ungkapnya.

Dengan demikian, ia berharap program ini nantinya dapat mengurangi jumlah peserta didik pengangguran yang telah lulus dari SMK.

“Selain itu juga, SMK yang ditunjuk diharapkan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui pendidikan vokasi secara menyeluruh,” terangnya.

Kemudian, sebelum ditunjuk sebagai Sekolah Pusat Unggulan, dikatakan Syamsuri tentu ada sejumlah evaluasi dan penilaian oleh Direktorat SMK Kemendikbud.

Lanjut Syamsuri, ke-11 SMK yang ditunjuk juga difasilitasi oleh pemerintah baik secara fisik maupun non fisik, demi menunjang keberhasilan program tersebut.

“Ke-11nya akan difasilitasi baik fisik maupun non fisik, seperti pelatihan guru dan manajerial serta pelatihan terhadap peserta didik, terutama program magang,” ucapnya.

Adapun 11 SMK terpilih di Kalimantan Selatan yang masuk dalam program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) adalah SMK 1 Banjarmasin, SMK 2 Banjarmasin, SMK 3 Banjarmasin, SMK 4 Banjarmasin, SMK 5 Banjarmasin, SMK 2 Banjarbaru, SMK Muhammadiyah Banjarmasin, SMK 1 Simpang Empat Tanah Bumbu,  SMK batumandi, dan SMK 2 Marabahan.

Namun, ia mengatakan, bagi SMK lainnya yang tidak ditunjuk sebagai Sekolah Pusat Unggulan jangan berkecil hati.

Karena, menurutnya tidak menutup kemungkinan nantinya ada penambahan maupun perubahan sekolah yang ditunjuk sebagai Sekolah Pusat Unggulan di Banua.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like

More in Berita Utama