Daerah

Aplikasi LAPOR Kabupaten Banjar Didominasi Persoalan Bansos

0

REPORTASE9.COM – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar menyampaikan puluhan laporan yang masuk melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) periode bulan Maret hingga Juli 2020 didominasi persoalan bantuan sosial.

Berdasarkan data yang diungkap Dinas Komunikasi Informatika, Statistik  dan Persandian Kabupaten Banjar selaku yang mengawasi laporan di aplikasi LAPOR sudah sekitar 90 laporan yang masuk hingga Selasa (07/07).

“Dari hasil rekap laporan periode Bulan Maret sampai dengan Juli 2020 bantuan sosial masih menduduki posisi teratas aduan masyarakat dengan 25 laporan, diikuti layanan masyarakat 24 laporan, selebihnya infrastruktur, Kesehatan dan lainnya dengan jumlah keseluruhan 90 laporan,” ungkap Admin Utama Pemerintah Kabupaten Banjar, Rizal.

Sementara Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Banjar, Eddy Elmimsyah Jaya mengatakan khusus di Kabupaten Banjar laporan rata-rata per hari ada sekitar empat sampai lima laporan dengan kategori penerima laporan terkait Covid-19 terbanyak pada bantuan sosial.

Laporan-laporan diatas sesuai SOP Pengaduan Publik SP4N LAPOR selama 5 hari kerja harus ada tanggapan namun khusus aduan Covid-19 harus ditanggapi maksimal 1 hari kerja.

“Alhamdulillah saat ini semua SKPD dan Instansi terkait yang menjadi tujuan pelapor semuanya telah memberi respon yang cepat dan sudah sesuai SOP Pengaduan Publik SP4N LAPOR,” ujar Eddy.

Berkaitan akan hal tersebut, dirinya berharap dapat penilaian sendiri oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengulangi prestasi sebagaimana tahun sebelumnya dimana Kabupaten Banjar meraih predikat Top 30 Instansi Pengelola Pengaduan Masyarakat terbaik tingkat Nasional.

Muhammad Asfiani

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Daerah