Daerah

HUT TNI ke-75, Dandim 1022/TNB Laksanakan Ziarah ke Makam Pahlawan

0

TANBU, REPORTASE9.COM – Komandan Kodim (Dandim) 1022 Kabupaten Tanah Bumbu, Letkol Cpn Rahmat Trianto memimpin langsung Upacara Ziarah Nasional yang berlokasi di Taman Makam Pahlawan Mattone, Jl.Kusuma Negara Desa.Kampung Baru, Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Jum’at (02/10)

Diadakannya Kegiatan Upacara Ziarah Nasional ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Hari TNI Tahun 2020. Puncak acara akan diselenggarakan pada 5 Oktober 2020.

Setiba di lokasi, Dandim 1022 memasuki area Taman Makam Pahlawan Mattone, tampak sejumlah personel telah berbaris rapi melaksanakan upacara dengan khidmat.

Rangkaian upacara pun di mulai dengan laporan kepada komandan upacara, dan kemudian dilanjutkan dengan memberi penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh komandan upacara.

Seusai Upacara Ziarah Nasional digelar, Dandim 1022 Tanbu bersama jajaran Kepala Staf TNI, langsung menuju area makam pahlawan, untuk melakukan tabur bunga dan juga do’a bersama.

Dandim 1022 Tanbu menjelaskan, kegiatan yang dilakukannya ini, merupakan bagian dari rangkaian HUT TNI Ke-75.

“Dimana kita melaksanakan Upacara Ziarah Nasional ke makam Pahlawan yang ada di daerah masing-masing, Kodim 1022 sendiri yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Mattone di Pagatan,” katanya.

Ia juga mengungkapkan pelaksanaan Ziarah Nasional, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali, bagi seluruh prajurit-prajurit TNI, khususnya dalam mengenang arwah-arwah pahlawan, mengenang jasa-jasa perjuangan mereka semua.

“Supaya kami yang masih ada terus  memperjuangkan tujuan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) ada di negara ini, sebagai menjaga kedaulatan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bahwa TNI adalah milik rakyat, TNI semua dari rakyat dan kembali untuk rakyat,” imbuhnya.

TNI diketahui bersama yang paling siaga di garda terdepan untuk memenuhi apa yang menjadi tugas pokok dari menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah negara kesatuan RI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar negara RI Tahun 1945, melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara ini.

Oleh karena itu baik jasa, prestasi dan pengabdian TNI dan juga para pahlawan Indonesia yang gugur dalam mempertahankan keutuhan NKRI, menjaga dan menjunjung tinggi NKRI ini, patut diapresiasi dan diteladani dengan baik, semangat dalam menjalankan pengabdian pada bangsa dan negara, tidak bisa dinilai dengan apapun.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like

More in Daerah