Berita UtamaKabupaten Tanah Bumbu

Tenggelam di Sungai Kusan, Korban Ditemukan Setelah 3 Hari Pencarian

0

TANBU, REPORTASE9.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu bersama tim gabungan berupaya melakukan pencarian korban setelah menyusul adanya laporan orang tenggelam pada Jumat, 19 Agustus 2022, sekitar pukul 14.00 Wita di tepi Sungai Kusan Kecamatan Kusan Hilir.

Adapun 2 korban yang dinyatakan hilang yakni Zunaide (66 tahun) laki-laki warga Desa Penyolongan, dan Syamsiah (77 tahun) perempuan warga Desa Batuah.

Kepala pelaksana (Kalak) BPBD Tanbu Sulhadi dalam keterangannya mengatakan, korban saat itu tengah perjalanan arah pulang dari berbelanja di pasar dengan menggunakan perahu ketinting. Ketika melewati dermaga kapal di sungai kusan, tiba-tiba saja perahu ketinting yang dinaiki korban terkena ombak yang berasal dari kapal yang melintas dan 2 orang korban tersebut akhirnya jatuh dan tenggelam bersama perahu ketinting di samping kapal lain yang sedang sandar di dermaga tersebut.

BPBD Tanbu berupaya melakukan pencarian dengan menyusuri sungai bersama-sama dengan Basarnas, Dishub, TNI, Pol Airut, Relawan PKJR Tanah Bumbu, Damkar, ralawan Lazismu dan dibantu oleh masyarakat sekitar.

Selain itu juga, BPBD juga membuat posko pencarian musibah korban tenggelam dan membuka dapur umum untuk melayani selama pencarian korban.

Adapun jumlah personil yang terlibat dalam pencarian diantaranya, BPBD 17 orang, Dishub 8 orang, TNI 4 orang, Polsek 4 orang, Pol Airud 3 orang, Basarnas 5 orang, Dinas Kesehatan 4 orang, Relawan PKJR Tanah Bumbu 4 orang, Damkar 4 orang, Pemerintah Kecamatan 5 orang, Relawan Baguna 5 orang, Relawan TRT 2 orang, Relawan Lazismu 6 orang, serta Aparat Desa dan Masyarakat.

Informasi terkini, Minggu 21 Agustus 2022, sekitar jam 07.15 WITA, salah satu korban yakni Syamsiah (77 tahun) perempuan warga Desa Batuah telah berhasil ditemukan dan saat ini sudah di bawa ke Puskesmas Pagatan dan setelahnya akan dipulangkan ke rumah duka.

Sedangkan untuk pencarian satu korban lainnya, BPBD Tanbu beserta tim gabungan masih terus berupaya melakukan pencarian.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Berita Utama