AdvertorialEkonomiKabupaten Tanah Bumbu

Suplai Terhambat Faktor Naiknya Harga Sembako Tanah Bumbu

0

TANBU, REPORTASE9.COM – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kabupaten Tanah Bumbu terus berupaya menstabilkan harga sembako, khususnya beras yang mengalami kenaikan harga akhir-akhir ini.

Kenaikan harga sembako yang terjadi diduga disebabkan sulitnya pendistribusian bahan-bahan pokok tersebut akibat rusaknya sejumlah infrastrukstur pasca banjir yang melanda hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan.

Seperti yang diungkapkan Wardah, salah satu Pedagang Beras Karungan di Pasar Tradisional Kecamatan Simpang Empat mengatakan suplai beras tokonya berasal dari Kota Banjarmasin.

Dimana dalam perjalanan darat dari Banjarmasin ke Tanah Bumbu ada sejumlah titik yang mengalami kerusakan sehingga sulit dilalui mobil angkutan barang yang mendistribusikan sembako.

“Kami menyuplai Beras biasanya seminggu sekali, cuman itu pang harga Beras masih tinggi, kalau barangnya ada banyak ya akan bisa lebih murah, namanya juga Beras itu kebutuhan sehari-hari, ya mau tidak mau pelanggan meski mengeluh ya tetap beli, kami jual biasanya Beras memang dari Banjar, Banjir nih pang, ada rusak jembatan penghubung jalan makanya mungkin itu jadi penyebab jua, kan orang harus cari jalan lain putar arus jalan, jadi ongkosnya benaik,” ujarnya.

Menyikapi akan hal itu, Kepala Disdagri Tanah Bumbu, H Deny Harianto menbenarkan memang terdapat kenaikan harga Sembako khususnya Beras dikarenakan musibah banjir pada Kabupaten Banjar.

Sehingga suplai Beras terhambat, kondisi benih padi para Petani Padi disana juga turut terendam, sementara ini Suplai beras di ambil dari Luar Pulau Kalimantan, sampai kondisi dapat stabil kembali.

“Sementara karena kondisi banjir, baik persoalan benih padi yang terendam, transportasi angkutan melalui jalan darat dari kota Banjarmasin juga terhalang, kita mengambil beras dari Sulawesi dan Daerah Pulau Jawa, semoga saja akhir Bulan Februari ini harga bisa distabilkan kembali,” katanya.

H Deny Harianto mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengupayakan penurunan harga sembako Beras pada akhir Bulan Februari ini, sehingga perekonomian masyarakat dapat lancar kembali, kegiatan Jual beli dimasyarakat pun bisa lancar.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Advertorial