Berita UtamaDaerahKesehatan

Setahun Beroperasi RSI Sultan Agung Sudah Terverifikasi Syariah

0

BANJARBARU, REPORTASE9.COM – Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Banjarbaru yang baru beroperasi kurang lebih satu tahun, sudah miliki 2 Layanan Kesehatan unggulan dan penunjang lainnya.

RSI Sultan Agung awal mulanya dibangun pada tahun 2018, lalu selesai pada akhir tahun 2020. Sedangkan awal beroperasi pada bulan April 2021 hingga sekarang.

Kepala Seksi Pelayanan RSI Sultan Agung dr. M.Rizky Tri Aditya saat ditemui mengatakan, RSI Sultan Agung Banjarbaru ini memang baru beroperasional selama satu tahun, yang mana banyak percepatan proses untuk pelayanan.

“Alhamdulillah sekarang sudah bisa melayani untuk peserta BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, beberapa asuransi-asuransi swasta, serta banyak juga perusahaan yang bekerja sama dalam hal manjemen resiko keselamatan kerja,”terangnya. Kamis,(23/6/2022).

Kepala Seksi Pelayanan RSI Sultan Agung dr. M.Rizky Tri Aditya (Foto : Azmi)

Aditya menerangkan bahwa, pertama kali RSI Sultan Agung Banjarbaru beroperasional mendapatkan izin sebagai RS type C, yang mana standarnya memiliki 4 spesialis pelayanan dasar yaitu spesialis penyakit dalam, spesialis anak, spesialis bedah, spesialis obstetri dan ginekologi.

Lanjutnya lagi bahwa selain itu ada juga spesialis penunjang lainnya yaitu patalogi klinik, kedokteran fisik dan rehabilitasi medis, spesialis mata. Selain itu fasilitas laboratorium, poliklinik rehabilitasi, yang mana untuk menunjang spesialis dasarnya.

Kalau kita list secara rinci selain pelayanan spesialis dasar tadi, kami juga memiliki spesialis lain yaitu saraf, kulit, paru, jantung, bedah umum, bedah orthopedi, spesialis penyakit dalam dengan Subspesialis Gastroentero-Hepatobilier, gizi klinik, THT (Otolaringologi), spesialis urologi dan mata, serta spesialis gigi (Konservasi Gigi, Bedah Mulut dan Maksilofasial, serta Orthodonsi),” ungkapnya.

Ia menambahkan juga kalau RSI Sultan Agung ini di setting untuk pusat layanan unggulan khusus spesialis penyakit mata dan spesialis urologi.

“Untuk layanan urologi ini satu-satunya di Banjarbaru yang mana RSI Sultan Agung juga menerima rujukan dari Batulicin, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Hulu Sungai, Tanjung bahkan dari luar provinsi juga ada. Kalau pelayanan mata disini memiliki fasilitas yang terlengkap se Kalimantan Selatan, yang setara dengan Rumah Sakit type A dan juga dokter yang berkompeten spesialis dibidangnya,”tuturnya.

Disamping itu, RSI Sultan Agung juga sudah menerima pelayanan pasien BPJS, dan ditegaskannya, RSI Sultan Agung tidak membedakan fasilitas yang diberikan ke pasien, baik BPJS maupun umum.

“Sebagai RS Swasta dengan berprinsip syariah tentunya kami akan selalu memberikan layanan prima kepada pasien Umum/Asuransi/Perusahaan maupun BPJS serta kami mempunyai tagline #BPJSKesehatanSultan, dimana pasien BPJS itu kita layani dengan baik, tanpa membedakan dengan yang umum,” terangnya.

Lalu, RSI Sultan Agung Banjarbaru memiliki daya tampung kapasitas untuk tempat tidur untuk pasien mencapai 300 buah lebih, namun saat ini yang dibuka hanya sebanyak 100 buah kamar tidur.

RSI Sultan Agung Banjarbaru juga merupakan RS yang menjalankan prinsip syariah di Indonesia dan telah mendapatkan sertifikat dari DSN MUI. RSI Sultan Agung berkomitmen untuk menerapkan prinsip standarisasi pelayanan yang sesuai dengan nilai-nilai syariat, yang mencakup proses bisnis berlandaskan akad-akad syariah, menjaga kehalalan pelayanannya, pengelolaan SDM, dan pengelolaan laporan keuangan sesuai syariat islam.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Berita Utama