Berita UtamaNasional

Seleksi Jabatan Eselon II Kemenag RI Dibuka, Berikut Syarat dan Formasinya

0

REPORTASE9.COM – Kementerian Agama kembali membuka seleksi terbuka untuk calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama atau setingkat Eselon II. Sekjen Kemenag Nizar mengatakan, ada sembilan formasi yang dibuka untuk proses seleksi terbuka.

“Pendaftaran dibuka secara online mulai hari ini 11 November sampai dengan 25 November 2022,” terang Nizar di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Dijelaskan Nizar, pelamar yang berminat dapat mendaftar melalui laman pendaftaran Seleksi Terbuka JPT Kementerian Agama pada alamat https://ropeg.kemenag.go.id/apps/seleksijpt/.  “Pelamar yang dinyatakan selesai proses pendaftarannya adalah mereka yang telah mendapatkan kartu tanda bukti pendaftaran online,” terang Nizar.

“Jadi saat mendaftar, peserta harus memastikan dia mendapat bukti pendaftaran online nya,” sambungnya.

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Nurudin menambahkan ada dua tahap seleksi yang akan dilakukan, yaitu: administrasi dan kompetensi. Seleksi administrasi berupa seleksi dokumen persyaratan yang telah diunggah pelamar dan menggunakan sistem gugur. “Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 30 November 2022,” jelas Nurudin.

“Pelamar yang dinyatakan berhak mengikuti seleksi kompetensi adalah pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi,” lanjutnya.

Untuk seleksi kompetensi, kata Nurudin, meliputi penulisan makalah, assesmen kompetensi, wawancara akhir, dan rekam jejak. Penulisan makalah akan digelar pada 6 Desember 2022. Tahap Assesmen Kompetensi dilaksanakan pada 7 – 9 Desember 2022. Adapun wawancara akhir, pelaksanaannya pada 16 – 17 Desember 2022.

Pelamar yang telah mengikuti seluruh tahapan seleksi kompetensi, ujar Nurudin, harus menyampaikan surat keterangan sehat jasmani dari dokter umum, surat keterangan sehat rohani dari dokter jiwa/psikiater, serta surat keterangan bebas narkoba dengan hasil laboratorium. Penyampaian hasil tes Kesehatan dijadwalkan pada 20 Desember 2022.

“Hasil akhir seleksi diumumkan pada 23 Desember 2022, berupa daftar 3 (tiga) nama pelamar berdasarkan peringkat nilai terbaik per jabatan yang disusun berdasarkan urutan abjad,” tandasnya.

Info selengkapnya terkait ketentuan pendaftaran, sila klik: Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Agama.

Pengumuman bisa diakses juga melalui tautan berikut: https://kemenag.go.id/archive/pengumuman-seleksi-terbuka-calon-pejabat-pimpinan-tinggi-pratama-kementerian-agama

Berikut sembilan formasi seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kemenag:
1. Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha
2. Sekretaris Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)
3. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
4. Direktur Pendidikan Katolik Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik

5. Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal BPJPH
6. Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur`an Badan Litbang dan Diklat
7. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur
8. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat
9. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Berita Utama