Berita UtamaDaerah

Satu Kasus Positif Corona di Kalsel, Seluruh Kepala Daerah Diminta Persiapkan Langkah Antisipasi

0
Foto : Ist

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengumumkan telah ada satu orang positif terinfeksi Corona Virus Diesase 2019 (Covid-19), usai melaksanakan Teleconfrence Bersama Para Kepala Daerah se-Kalsel, Minggu (22/03).

Pengumuman tersebut disampaikan langsung Gubernur Kalimantan, Sahbirin Noor yang sebelumnya telah menaikan status kedaruratan Kalimantan Selatan menjadi Tanggap Darurat.

“Dari lima yang diperiksa satu telah positif,” ujarnya didepan wartawan.

Berkaitan akan hal tersebut, Sahbirin Noor mengungkapkan sangat berharap agar seluruh Pemerintah Daerah/Kota melakukan berbagai langkah persiapan antisipasi, seperti menyediakan ruang isolasi di masing-masing rumah sakit.

Sementara itu, Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani mengungkapkan cukup cemas, mengingat Bandara Internasional Syamsudin Noor yang ada di Kota Banjarbaru merupakan pintu gerbang Kalimantan Selatan dari daerah yang berstatus zona merah.

“Kita berharap karena lokasi kita ini ada tempat pintu masuk (Bandara Internasional Syamsudin Noor), bayangkan saja ada penerbangan sekitar 7 kali dari Jakarta, itu kemudian ada dari Surabaya penerbangan dari Semarang, semua provinsi itu adalah provinsi yang suspect, jadi itu yang harus kita monitor juga,”ujarnya

Hingga kini Nadjmi melanjutkan, untuk kondisi di Kota Banjarbaru sendiri dari laporan yang ia terima, ada 205 orang bersatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan 1 orang berstatus PDP (Pasien alam Pengawasan) dan tidak ada keterangan suspect ataupun positif covid-19.

Namun, sebelum dinyatakan Kalimanan Selatan berstatus tangap darurat, Pemerintah Kota Banjarbaru telah melakukan antisipasi dan pencegahan, baik melalui sosialisasi maupun aksi penyemprotan disinfektan di lingkungan pemerintah, tempat ibadah serta mobil dan bus pelajar gratis, pariwisata, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan lainnya.

“Selain itu juga kita telah menyiapkan  Rumah Saikit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru dengan  satu ruangan khusus isolasi untuk pasien yang apabila menunjukan gejala-gejala covid-19,” terangnya.

You may also like

More in Berita Utama

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *