KesehatanKota Banjarbaru

RSD Idaman Banjarbaru Peringati Hari World Thalassemia Day

0

BANJARBARU, REPORTASE9.COM – Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru merayakan hari Zero Thalassemia Mayor II di Aula lantai 4, Rabu,(11/5/2022).

Perayaan World Thalassemia Day bertema “Jangan pernah merasa lelah”, dalam kegiatan tersebut juga sekaligus launching program layanan unggulan hematomologi-Onkologi Anak.

Thalasemia adalah kelainan darah bawaan yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal.

Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru dr.Danny Indrawhardana mengatakan, di usia yang masih belia RSD Idaman terus bertumbuh dan berkembang termasuk dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pasien Thalassemia yang menjalani perawatan di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Melalui program layanan unggulan hematomologi-Onkologi Anak khusus menangani pasien penyandang penyakit Thalasemia di RSD Idaman Kota Banjarbaru.

“Adapun data perminggu pasien Thalassemia yang melakukan kontrol di RSD Idaman sekitar 15 sampai 20 orang, kebutuhan transfusi darah sangat tergantung pada kadar hemoglobin (Hb) darah yang terkandung pada pendinor, sehingga kebutuhan kantong darah untuk penanganan pasien thalasemia bisa menghabiskan sekitar 30 sampai 40 kantong darah perminggunya,”paparnya.

dr.Danny menyampaikan jumlah Pasien penderita Thalasemia dari Tabalong ada 8 orang, Tanah Laut 8 orang, dari Provinsi Kalimantan Tengah 3 orang, dan rata-rata pasien ini sudah mendapat perawatan oleh dokter untuk pasien anak-anak dan yang beranjak dewasa sebanyak 13 orang masih mendapat perawatan.

“Hal ini tidak bisa kita pungkiri bahwa pelayanan terhadap pasien thalasemia sangat dibutuhkan masyarakat termasuk kebutuhan darah, dan ketersediaannya,”ungkapnya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Kesehatan