AdvertorialHukum & KriminalKabupaten Tanah Bumbu

Rawan Jalur Perdagangan Narkotika, Bakesbangpol Usulkan Percepatan Pendirian BNN Tanbu

0

TANBU, REPORTASE9.COM – Pemerintah Daerah Kabupate Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) laksanakan Rapat Koordinasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dengan pembahasan Instrumen Vertikal Pembentukan BNN Kabupaten Tanah Bumbu. Bertempat di Ruang Rapat Bersujud I Kantor Bupati Tanah Bumbu, Jum’at Siang (09/04).

Spanduk Rakor ini bertajuk dengan Kalimat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika Kabupaten Tanah Bumbu 2021.

Kegiatan Pembukaan Bupati di awali dengan pembacaan doa oleh H Arfah, setelah sebelumnya di buka secara langsung oleh Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Rahmat.

Dalam rakor ini di bahas terkait Instrumen Vertikal Pembentukan BNN Kabupaten Tanah Bumbu berdasarkan Surat BNN Povinsi Kalimantan Selatan Nomor:B262/3/KA/OT.00/2021.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar dalam sambutanya yang disampaikan Plt. Asisten Ekonomi dan Pembangunan, H Rahmat menyampaikan bahwa Rakor pembahasan pembentukan instansi vertikal BNN Kabupaten Tanah Bumbu merupakan upaya untuk mengantisipasi sekaligus mengatasi, berkembangnya peredaran Narkotika di Kabupaten Tanah Bumbu.

”Pembentukan Instansi Vertikal ini, merupakan wujud kebulatan tekad dan komitmen yang kuat, untuk mengoptimalkan kerjasama di bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN),” ungkap H Rahmat.

Selanjutnya Bupati berharap dalam pembentukan instansi vertikal BNN Kabupaten Tanah Bumbu ini agar disiapkan segala apa saja yang dibutuhkan, sehingga apabila instansi vertikal ini sudah terbentuk, ada komitmen dan kerja sama semua pihak, terkhusus antara BNN dan Pemerintah Daerah dalam rangka Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Dalam kesempatannya Kepala Kantor Kesbangpol Tanbu, Kaswan menerangkan bahwa Rapat ini memiliki tujuan untuk mengumpulkan unsur terkait dalam rangka mempersiapkan data-data yang di inginkan oleh BNN Provinsi Kalsel agar segera membentuk BNN Kabupaten di Tanbu, dengan syarat-syarat tertentu.

“Syarat itu yang pertama letak wilayah kita, yang mudah dimasuki oleh jalur perdagangan obat seperti jalur melalui laut,darat dan udara serta wisata melalui jalan, pelabuhan, pulau kecil atau jalur tikus, yang kedua dalam rencana Pembentukan BNN Kabupaten harus melengkapi persyaratan maupun data-data yang di inginkan oleh BNN Provinsi,” ujarnya.

Kaswan mengatakan bahwa Tanah Bumbu sendiri seperti Selat Malaka dimana hal tersebut seperti jalur perdagangan yang mudah akses masuknya Narkoba.

“Rawan karena wilayah kita ini di tengah di antara negara-negara lain dan kemudian dari situlah masuk ke Tanah Bumbu, kemudian dari Tanbu lah menyuplai ke provinsi atau daerah lainnya, menurut informasi sepertinya daerah Tanbu menjadi lalu lintas perdagangan obat, makanya saya menggaris bawahi Tanbu harus segera mendirikan BNN, mengingat letak wilayah stategis yang rawan,” katanya.

Dirinya yakin Pemerindah Daerah Tanbu sangat mendukung, pada dasar inilah di undang hampir 23 SKPD terkait dengan data dan tugasnya masing-masing dimana mereka sangat antusias dan mendukung, setelah rapat ini berlanjut pada proses pengumpulan data kemudian kita analisis di Kesbangpol bersama Tim, setelah di anggap memenuhi syarat sesegera mungkin kita usulkan agar di setuji oleh BNN provinsi Kalsel.

Hal ini menyesuaikan dengan Visi dan Misi Kepala Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dimana sejalan akan di bangunnya Serambi Madinah dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, memang harus terjun bertempur melawan Narkoba karena Narkoba dapat merusak bangsa dan negara, melalui berdirinya BNN nantinya akan dapat menjaga generasi dan keluarga agar bebas dari Narkoba.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Advertorial