EkonomiKabupaten Tanah Bumbu

Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Area Pertambangan Jadi Perhatian

0

TANBU, REPORTASE9.COM – PT Arutmin Indonesia Site Batulicin, Mendapat Tanggapan Posistif dalam Program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Area Tambang PT Arutmin Indonesia, Rabu (05/05).

Di ketahui program tersebut tengah di jalankan dengan menyasar pada pengembangan pemberdayaan masyarakat di area lingkup PT Arutmin Indonesia, guna memberikan manfaat dan dampak yang positif terlebih untuk penduduk sekitar daerah tambang.

Program PPM tersebut mencakup diantaranya Perbaikan Ekonomi dan Pembangunan pada masjid di Desa Mentewe, sarana penampungan air bersih dan taman Desa Sungai Dua juga taman di Kecamatan Teluk Kepayang, pembangunan mushalla dan Rumah Sesirangan di Pulau Burung serta perbaikan fasilitas Pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Desa Teluk Kepayang Kab Tanbu.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Teluk Kepayang Sri Aprianingsih,S.Pd meyampaikan tanggapannya kepada media reportase9 bahwa Pt Arutmin Indonesia sering kunjungan ke SMK Teluk Kepayang.

“Jadi disana kami sering diskusi tentang SMK, termasuk bagaimana proses mengembangan dan apa saja yang di perlukan SMK untuk pengembangannya dan dari diskusi bersama dengan pihak PT Arutmin Indonesia Site Batulicin itu kemudian mereka membantu dengan memberi kami  perlengkapan yang di butuhkan,” jelasnya.

Kepsek SMK Teluk Kepayang ini mengungkapkan, diantara bantuan PT Arutmin Indonesia adalah Lab Komputer, Tempat Nursery, Gerbang Sekolah, Penampungan Air, Honor untuk guru dan Pelatihan Guru serta penerimaan siswa prakerin di PT Arutmin Indonesia.

“Bantuan yg kami dapat dari  PT Arutmin Indonesia sangat membantu bagi kami, bantuan untuk SMK Teluk Kepayang sungguh suatu hal yang sangat terasa, kami tidak perlu lagi mengikuti ujian ke sekolah lain dengan adanya Nursery kami bisa berwirausaha menjual bibit-bibit ke pihak lain, selain itu juga di rasakan bertambahnya kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di tempat kami, buktinya terlihat dari bertambahnya jumlah peserta didik baru yang masuk dari tiap tahun,” katanya.

Dirinya menyampaikan bantuan PT Arutmin Indonesia sudah dimulai sejak Tahun 2018, Pihak PT Arutmin Indonesia juga aktif menjadi Guru Tamu di SMK Teluk Kepayang.

“Setiap tahun mereka datang untuk mengisi acara masa pengenalan lingkungan sekolah dan kami melakukan kunjungan ke Jiringa Nursery dari Pihak PT Arutmin Indonesia sebagai pengenalan perusahaan yang bekerja sama dengan kami kepada siswa baru, namun tahun ini karena kondisi Pandemi sehingga tidak terlaksana,” katanya.

Kepsek SMK Tekuk Kepayang berharap bisa terus menjalin silaturahmi dan kerjasama secara baik, Pihak Sekolah menilai PT Arutmin Indonesia adalah perusahaan yg sangat memperhatikan berbagai sisi, terutama sisi kemasyarakatan, kependidikan dan keagamaan.

“Kami juga berharap agar bisa merawat dan mengembangkan semua bantuan dari PT Arutmin Indonesia, yang telah di berikan kepada kami, selain itu semoga PT Arutmin Indonesia terus memperhatikan kami dan membantu apa yg menjadi kekurangan SMK ini, karena bantuan dari pihak luar sangat kami butuhkan untuk membangun sekolah dan bantuan-bantuan yang diberikan dapat terus berlanjut,” tuturnya.

Kepala Desa (Kades) Sungai Dua, H. Ibnu Salam melalui Sekretaris Desa Tony turut memberikan keterangan, Program PPM yang anggap efektif menaikkan level perbaikan pembangunan dimana untuk Desa Sungai Dua juga mendapat bantuan berupa perlengkapan pipa dan tandon air kemudian baru-baru ini bantuan bertambah dalam bentuk pembuatan taman disekitar lokasi tandon air bersih.

“Kalau taman nya sangat berguna sekali karena titik pembuatan taman sangat strategis. Banyak anak-anak bermain kalau sore hari,  juga ada Taman Pendidikan Al-Qur’an ( TPA ),” terangnya.

Ia mewakili selaku pemangku Desa Sungai Dua, dirinya mengapresiasi dan bersyukur atas bantuan dari PT Arutmin Indonesia.

“Terimakasih kami kepada PT Arutmin Indonesia, karena selama ini sangat banyak memberikan bantuan sampai dengan saat ini, salah satunya bantuan adalah taman sarana air bersih, bantuan telah dimanfaatkan oleh masyarakat desa khususnya anak-anak untuk area bermain di sore hari ataupun saat libur sekolah,” katanya.

Saidina S,Pd selaku Kades Daerah Pulau Burung, juga turut mengatakan, Program PPM PT Arutmin Indonesia Site Batulicin mampu merambah ke daerahnya, dapat dilihat dari pembangunan Mushalla Al Hud-Hud (Tahun Bangun 2020) dan Rumah Sasirangan (Tahun Bangun 2021). Hal tersebut menjadi kebutuhan warga. 

“Tentunya ulun dan seluruh masyarakat setempat sangat senang dan bahagia adanya mushalla tersebut, apalagi ditambah dengan bangunan Rumah Sasirangan, dimana tempat tersebut menjadi tempat pengolahan sasirangan sebagai penambah hasil ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Kades Pulau Burung menyampaikan harapannya, semoga Pandemi Covid-19 cepat berlalu karena dianggap menjadi penyebab utama turunnya segala bidang usaha, disamping bantuan dari PT Arutmin Indonesia Site Batulicin bisa menjadi motivasi bagi pandangan pihak lainnya, sehingga bisa mempercepat atau menambah pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Tanah Bumbu.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Ekonomi