DaerahPeristiwaSosial

Pemeriksaan Kesehatan Untuk Korban Banjir

0

BANJARBARU, REPORTASE9.COM – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Landasan Ulin melakukan pemeriksaan kesehatan untuk korban banjir yang mengungsi di posko-posko yang terletak di Jalan Sukamara, Landasan Ulin, Banjarbaru, Selasa (19/01).

“Untuk masing-masing posko itu kalau mereka (pengungsi) ada yang datang di dalam wilayah Landasan Ulin itu tanggung jawab puskesmas, jadi pasti akan membuka pelayanan kalau ada mereka yang sakit akan kita obati di sini,” jelas Suwono, selaku salah seorang petugas Puskesmas Landasan Ulin.

Suwono menambahkan, pengungsi yang ada di daerah Sukamara ini berasal dari Kecamatan Sungai Tabuk, Gambut, dan Martapura Lama.

Sementara itu, Rahayu, salah satu pengungsi di posko yang terletak di Jalan Sukamara mengatakan pengungsi yang sudah berada di sana berjumlah 80 orang, terdiri dari 19 keluarga dan beberapa keluarga tersebut ada yang berisikan anak-anak, balita, ibu hamil, juga lansia.

“Saya juga pengungsi sudah lima hari di sini, tapi dapat tugas mendata pengungsi yang datang-datang ini, kalau yang sudah tercatat ini 80 orang, tapi ini nanti akan terus bertambah karena nanti akan datang lagi yang mau mengungsi di sini,” pungkas Rahayu.

Ia pun menjelaskan, bantuan yang sudah diterima pengungsi adalah bantuan dari masyarakat perseorangan untuk makanan dan minuman, barulah hari ini datang bantuan untuk pemeriksa kesehatan dari puskesmas.

“Kemarin ada juga datang bantuan sama hari ini, lalu ini juga dari puskesmas kalau sakit dikasih obat sama mereka, kan kita gak bisa mengira-ngira kalau ada yang sakit dikasih obat apa, gak punya alatnya juga kayak tensi itu, banyak orang tua yang sakit juga diobati sama mereka, saya pun barusan kaki gata-gatal dikasih obatnya sama mereka,” ujarnya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

You may also like

More in Daerah