DaerahLingkunganPeristiwa

Peduli Banjir, Relawan Batola Bersatu

0

BARITO KUALA, REPORTASE9.COM – Sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan dan kepedulian terhadap korban banjir di Kalimantan Selatan, tokoh-tokoh masyarakat, BPK dan Relawan Remaja Mesjid Baiturrahmah Anjir Muara Lama Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, menyalurkan bantuan dari swalayada warga setempat untuk korban banjir, Sabtu (16/01) siang.

Panitia pelaksana penyaluran bantuan, sekaligus tokoh masyarakat, H Kurnain menyebutkan bahwa donasi yang terkumpul merupakan iuran dan swalayada dari warga setempat yang prihatin terharap korban bencana banjir yang melanda hampir di seluruh Kalsel.

“Ini sumbangan dari warga, yang terketuk hatinya untuk menyumbang sedikit rezeqi mereka dan Alhamdulillah antusias warga untuk menyumbang sangat tinggi”, ujarnya kepada reportase9.com.

Menurut beliau, warga Anjir dan sekitarnya masih beruntung karna air tidak sampai menenggelamkan permukiman dan aktifitas warga masih bisa berjalan seperti biasanya.

“Sehingga wajib bagi kita untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah. Bantuan ini ada yang mereka antar sendiri kepanitia, ada pula panitia yang berkeliling menawarkan bantuan secara langsung maupun secara online”, tutur beliau

Di tambahkan beliau, untuk penyumbang bantuan sosial ini terdiri dari 4 Desa, bansos sendiri terdiri dari pakaian layak pakai, kebutuhan perlengkapan bayi, Mie instan, obat-obatan dan lain-lain. Serta sebanyak kurang lebih 500 nasi bungkus, yang di masak langsung oleh bapak-bapak dan ibu-ibu setempat.

“Ada 4 Desa yang ikut menyumbang yakni, warga Desa Anjir Muara Lama, Anjir Serapat Baru, Anjir Serapat Baru 1 dan Beringin Jaya, kemudian adapun donatur yang menyumbang air mineral, beras dan lauk pauk, itu kami buat nasi bungkus, adapun berupa uang, kami belikan untuk tambahan ikan, bumbu-bumbu untuk memasak, plastik, kertas nasi, obat-obatan dan keperluan lainnya”, jelasnya.

Semetara salah satu relawan, Riza mengatakan kesiapannya secara jasmani dan rohani dalam ikut serta mengantarkan bantuan sosial agar bisa segera sampai dan di gunakan oleh korban terdampak banjir, yang direncanakan pengiriman bantuan tersebut di tujukan untuk Kota Banjarbaru, di jalan Trikora.

“Karna terketuk hati ingin membantu, walaupun hanya sebatas tenaga, Kita mau antar bantuan ke Trikora, semoga perjalanan lancar, aman dan selamat sampai tujuan”, ujarnya.

Di sebutkannya, ada puluhan relawan yang tergabung dari Anak-anak BPK, Remaja Mesjid dan tokoh-tokoh masyarakat yang ikut terjun menyalurkan bantuan. Kemudian bansos tersebut di antar menggunakan 2 pick up, 1 mobil ambulance, yang membawa bansos dan relawan serta tokoh masyarakat, 2 buah mobil sedan dan 1 buah mobil BPK Baiturrahmah.

“Bantuan di angkut dengan 2 buah pick up, ada beberapa kawan-kawan yang ikut terjun, sebagian naik mobil BPK, sebagian naik Ambulance milik Mesjid Baiturrahmah bersama tokoh-tokoh masyarakat dan sebagian lagi terbagi di 2 mobil sedan”, ungkapnya.

Hal menarik dari pantauan reportase9.com, nampak ibu-ibu dan bapak-bapak yang mengikatkan tali simpul pada pelampung berbahan ucus ban besar, sebagai ganti perahu karet yang kelak akan di gunakan para relawan dalam mengangkut bantuan di jalan berair.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Daerah