AdvertorialEkonomiKabupaten Banjar

PD. PBB Sudah Usulkan Pemulihan Sektor Perdagangan

0

BANJAR, REPORTASE9.COM – Bencana banjir yang melanda Kabupaten Banjar memberikan dampak besar terhadap sektor perekonomian, khususnya perdagangan.

Hal itu dikarenakan, pasca bencana banjir yang melanda hingga kini menyisakan dampak bahkan bisa disebut kerugian akibat rusaknya sarana dan prasarana penunjang aktifitas perdagangan akibat genangan air maupun arus banjir.

Diungkapkan Direktur Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bauntung Batuah, Rusdiansyah melalui pesan Whatsapp untuk pemulihan sektor sarana dan prasarana usaha perdagangan pasar tradisional milik pemerintah daerah Kabupaten Banjar sudah diusulkan melalui proposal ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar.

“Kami berupaya mengambil langkah untuk pemulihan sektor usaha perdagangan pasar tradisional akibat banjir ini, kami sampaikan melalui proposal ke Disperindag Banjar,”jelasnya.

Adapun hasil pendataan sementara yang dihimpun PD.Pasar Bauntung Batuah terkait dengan kerusakan terhadap sarana tempat berjualan, jalan dalam lingkungan pasar, dan drainase dalam lingkungan pasar.

Dengan telah disampaikannya laporan berupa proposal oleh PD. Pasar Bauntung Batuah ke Dinas perindustrian dan perdagangan nantinya dapat segera menjadi perhatian pemerintah pusat untuk dilakukan pemulihan sarana dan prasarana tersebut.

Senada dengan hal tersebut Kepala Bidang Perdagangan Disperindag, Jimmy mengatakan pihaknya memang telah menerima usulan proposal mengenai data kerugian dan kerusakan yang dialami sektor perdagangan pasar tradisional Pasar Bauntung Batuah beserta pasar lainnya yang dikelola oleh PD.PBB, untuk diajukan bantuan ke Kementerian Perdagangan RI.

“Dari data kerusakan pasar akibat banjir yang dikelola PD.PBB 4 pasar, fasilitas prasarana yang rusak seperti meja pedagang berkisar 1,8 Miliar, dan untuk lapak pasar berkisar  Rp 250 juta serta kerusakan lainnya,”paparnya.

Muhammad Asfiani

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Advertorial