EkonomiKabupaten Banjar

Menjelang Idul Fitri, Harga Bahan Pokok Merangkak Naik

0

BANJAR, REPORTASE9.COM – Menjelang Idul Fitri harga-harga bahan pokok di pasar merangkak naik, hal ini menjadi keluhan pedagang pasar dan masyarakat sebagai pembeli di Pasar Bauntung Batuah Martapura, Rabu, (27/4/2022).

Seperti yang dikeluhkan salah satu pedagang Enor mengatakan, tiap mau mendekati perayaan Idul Fitri, harga barang pokok naik, padahal perekonomian para pedagang belum pulih dan stabil.

“Hampir tiap tahun mendekati Hari Raya Idul Fitri harga bahan pokok naik dari pada hari-hari biasanya, kalo kami pedagang di pasar kan ngambilnya ke agen, nah disitu berpengaruh dengan harga yang kami jual, soalnya dari agen-agen partai bahan sembako juga menaikkan harga,”terangnya.

“Mau tidak mau kami para pedagang juga harus menaikkan harga jualan, karena harga modal sudah lumayan tinggi,” tambahnya.

Harga bahan pokok yang mengalami kenaikan yaitu bawang merah awalnya Rp 25.000 per kg sekarang naik menjadi Rp 27.000 perkg, bawang putih Rp 24.000 perkg menjadi Rp 25.000 perkg, gula pasir Rp 12.000 menjadi Rp 15.000 kg, telur ayam sebelumnya Rp 26.000 perkg, sekarang naik menjadi Rp28.000 perkg, harga ayam potong per ekornya Rp 40.000 kini tembus Rp 48.000 dan daging sapi per kg nya Rp 130.000 kini tembus di harga Rp 140.000 perkg.

Sementara itu salah satu pembeli Ibu rumah tangga Lina mengatakan, heran dengan harga-harga bahan pokok menjelang mendekati lebaran selalu mengalami kenaikan, padahal ekonomi masyarakat belum stabil setelah dilanda pandemi covid 19.

“Harga-harga kebutuhan pokok di rumah tangga mau lebaran kok malah naik, padahal kebutuhan pokok cukup banyak yang diperlukan, kalau harga tinggi yang kesulitan ibu rumah tangga buat memenuhi kebutuhan belanja bahan pokok,”ungkapnya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Ekonomi