DaerahKebakaran

Masyarakat Banjarbaru Apresiasi Kinerja Relawan Karhutla

0

Seluruh masyarakat Kota Banjarbaru memberikan apresiasi atas kinerja relawan gabungan, baik dari unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI-POLRI, maupun Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Swasta dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Kota Banjarbaru yang telah berjibaku bahu membahu dalam upaya menangani dan menanggulangi Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla).

“Saya mewakili seluruh masyarakat Kota Banjarbaru memberikan penghargaan kami kepada kawan-kawan di lapangan. Sebagimana kita ketahui bersama, bahwa tugas dan keberhasilan ini tidak mungkin lepas dari seluruh pihak yang terlibat. Ada BPBD sebagai perwakilan pemerintah daerah, dan unsur TNI-Polri,” kata Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani saat bersilaturahmi dengan relawan-relawan Karhutla, di Halaman Kantor BPBD Kota Banjarbaru, Minggu (29/09) malam.

Menurut Nadjmi hadirnya Masyarakat Peduli Api (MPA), Damkar swasta maupun milik pemerintah daerah dalam memberikan dukungan kinerja kepada para petugas yang telah disebutkan tadi semakin memaksimalkan penanganan Karhutla yang ada di Kota Banjarbaru.

“Saya sangat bersyukur di Kota Banjarbaru ini, Dandim, Kapolres, serta BPBD dapat merangkul serta dekat dengan masyarakat. Sehingga persoalan yang dihadapi (Karhutla) dapat diselesaikan secara bersama-sama,” kata Nadjmi Adhani.

Walikota Banjarbaru, Nadjmi Adhani saat ditemui sejumlah awak media didampingi Dandim 1006/Martapura dan Kalak BPBD Kota Banjarbaru

Sementara itu, hal senada juga disampaikan oleh Komandan Kodim (Dandim) 1006/Martapura , Letkol Arm Siswo Budiarto bahwa pihaknya sangat mendukung program pemerintah daerah untuk menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Terkait akan hal tersebut, dirinya pun mengungkapkan rekan-rekan TNI-POLRI juga telah membangun posko di Guntung Damar, di mana tempat itu merupakan objek vital untuk mengamankan area di sekitaran bandara. 

“Ini kami lakukan dalam rangka membantu pemerintah daerah dan masyarakat Banjarbaru untuk menangani kebakaran,” ujarnya.

Sedangkan, terkait kehadiran BPK swasta dan Masyarakat Peduli Api (MPA), Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan sudah sepatutnya diberikan apresiasi. Karena menurutnya, mereka ketika berada dilapangan untuk bertugas memadamkan api, kadang lupa kepada keamanan diri, bahkan nyawanya sendiri. 

Sementara itu pula, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarbaru, Suriannor Ahmad mengungkapkan bahwa saat ini kondisi Karhutla menunjukkan penurunan, sebab turunnya hujan di beberapa titik memjadi salah satu faktor.

“Namun kita tetap waspada dan tidak bisa lengah dengan Karhutla ini,” tambahnya.

Untuk Kota Banjarbaru sendiri, Ia menerangkan bahwa terdapat delapan kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) dan 13 Damkar yang dibagi dalam beberapa zona, seperti di Liang Anggang, Landasan Ulin, Banjarbaru Utara dan zona-zona lainnya.

“Titik perzona ini, untuk membantu mengamankan wilayah. Tapi apabila satu titik memerlukan bantuan, maka mereka bergerak saling melengkapi,” kata Suriannor.

Muhammad Asfiani

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Daerah