HistoriKota Banjarmasin

Ini Cerita Maulidia Fitria Berawal Jadi Penyanyi Muda Lagu Banjar

0

BANJARMASIN, REPORTASE9.COM – Maulidia Fitria (19) asal Banjarmasin seorang penyanyi musisi musik Banjar bermula dari hobinya bernyanyi sejak duduk di kelas 6 Sekolah Dasar (SD) kini berkembang menjadi sosok penyanyi muda.

Memiliki kemampuan dalam bernyanyi, bukankah hal yang mudah. Apalagi lagu Banjar. Ia sering membawa beberapa musik dangdut hingga pop kekinian.

“Ya awalnya dari hobi, suka bernyanyi. Kalau bakat ini mulai terarah sejak SMK, diajakin oleh guru saya, karena saya ikut sanggar seni,” ungkap Maulidia kepada media pada Kamis (24/11/2022).

Ia juga berhasil mendapatkan juara 1 pada Festival dan Lomba Seni Siswa Tingkat Nasional (FLS2N) Provinsi Kalsel tahun 2019.

“Pernah juara 1 lomba itu, namun saat berlanjut ke tahap Nasional pada tahun 2020 namun gagal,” ujarnya.

Dari situ Maulidia mengakui bahwa ia sering ikut manggung dalam acara apapun, seperti live streaming Taman Budaya Kota Banjarmasin.

“Kalau sekarang membawahi grup musik panting sanggar seni nuansa. Diluar dari itu biasa panggilan job di luar,” kata anak Mahasiswa Administrasi Bisnis Fisip Universitas Lambung Mangkurat itu.

Alasan dirinya menghapal dan sering membawakan lagu Banjar itu. Ia tak ingin tradisi ini tenggelam dan jangan sampai para anak muda lupa tentang akan sejarah.

“Sekarang anak muda lebih ke musik, bahkan sampai musik Korea kpop. Jangan sampai melupakan tradisi lokal, peran mereka juga harus ikut untuk melestarikan budaya kita sendiri,” jelas Maulidia.

Peran utama pemerintah juga memiliki peran penting untuk melestarikan budaya tersebut.

“Kami memang diperhatikan, setiap ada event bukan hanya kami, dari kesenian lain juga ikut diundang. Artinya pemerintah tidak lupa dengan budaya tradisi,” jelasnya.

Namun ia tetap meminta agar pemerintah Kota bisa memberikan pandangan khusus kepada mereka.

“Pandangan khusus kami mau, apa lagi keterbatasan alat musik dengan faktor usia sekarang. Ingin pemerintah tahu fungsi dari kami,” tutur Maulida Fitria.

Lanjut Maulidia, tak hanya sampai disitu. Ia juga memiliki keinginan untuk menjadi sosok Duta Kampus lingkungannya menuntut Ilmu.

“Doakan saja, bila ada peluang atau rezeki. Saya ingin mencoba sebagai Duta Fisip ULM,” katanya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Histori