AdvertorialKabupaten Balangan

IKM Balangan Ikuti Pelatihan

0

BALANGAN, REPORTASE9.COM – Dinas Koperasi Usaha Kecil/Mikro dan Perindustrian Kabupaten Balangan berikan pelatihan kepada para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Balangan. Selasa (6/4).

Dalam acara dan kegiatan yang dilangsungkan selama empat hari tersebut, sebanyak puluhan pelaku IKM dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Balangan turut berpartisipasi, seperti kegiatan pelatihan teknis pengolahan model dan desain anyaman serta pelatihan pangan bahan dasar kopi dan gula semut.

Dalam kesempatannya, Kasi Industri Hutan dan Kerajian Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perindustrian Kabupaten Balangan, Umar Syarif mengatakan, peserta yang mengikuti program pelatihan dari pihaknya tersebut berasal dari Kecamatan Lampihong, Batumandi, dan Halong, dan akan dilaksanakan selama 4 hari.

“Tujuannya adalah untuk memberikan pelatihan kepada IKM yang ada di Balangan, nantinya barang hasil tersebut akan di pamerkan atau dipromosikan ke beberapa dinas-dinas,” ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk bahan dasar pembuat seperti purun untuk anyaman, dan gula aren untuk olahan kopi dan gula semut didapatkan masing-masing dari Kecamatan Batumandi, dan Kecamatan Lampihong.

“Untuk bahan dasar pembuat anyaman, disini kita manfaatkan hasil dari wilayah kita sendiri, yaitu pada Desa Munjung disana banyak terdapat tanaman purun,” jelasnya.

Sementara itu, Ibu Norlaila selaku pelatih kegiatan anyaman mengatakan, untuk proses penganyaman tidak terlalu mudah, dilihat dari prosesnya.

“Pemula belajar cara membuat anyaman, dan caranya juga tidak terlalu sulit,” terangnya.

Sedangkan, Ibu Rinawati selaku Onwer Gula Semut Laang Balangan menyampaikan, dengan adanya program pelatihan ini, pelaku ukm dapat lebih berkembang dan lebih baik lagi.

“Gula aren kalau dijual dipasaran harganya berkisar 5 sampai 10 ribu satu bijinya, tetapi kalau sudah kita buat halus seperti gula semut maka harga jualnya sekitar 40 ribu perkilonya, juga dapat banyak di kembangkan beberapa varian,” tutupnya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Advertorial