Ekonomi

Berawal Dari Hobi, Pria Asal Blitar Berhasil Jalankan Bisnisnya

0

REPORTASE9.COM – Berawal dari hobi memelihara ikan koi, seorang pria warga Jalan Kuranji, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru berhasil mencapai keuntungan hingga belasan juta rupiah dari penjualan ikan koi.

Saat ditemui jurnalis reportase9.com, pria yang bernama lengkap Endri Handoko (34 tahun) mengaku baru memulai bisnis ikan koi sekitar tujuh bulan terakhir, tepatnya sejak bulan Januari 2020.

Kebanyakan Ikan Koi yang dijualnya merupakan Ikan Koi yang berkualitas yang didatangkan langsung dari para pembudidaya Kota tempatnya berasal, yakni Kota Blitar, Jawa Timur.

“Asalnya hanya hobi untuk memelihara ikan koi ini, dan kebetulan saya berasal dari Blitar, jadi saya mendapatkan ikan dari sana,” ungkap Endri Handoko kepada jurnalis reportase9.com

Bermula dari satu kolam, Endri Handoko memberanikan diri untuk memposting ikan koi tersebut pada akun sosial medianya dan ternyata laku atau banyak peminatnya.

“Dari situlah saya menambah kolam dan ikan lagi, lama lama aku bisa melayani reseller juga. Jadi toko-toko mereka yang dipinggir jalan mengambil disini, bahkan sampai Palangka, Muara Teweh, Kandangan juga sering mengambil ditempat saya,” katanya.

Disamping itu, Endri Handoko juga mengungkapkan selain menjual ikan koi, dirinya juga menjual ikan hias untuk aquarium yang didapat dari petani/pembudidaya ikan sekitar (Banjarbaru).

“Dulu para petani disini tidak berminat membudidayakan ikan hias, mereka lebih berminat terhadap ikan konsumsi karena yang laku cuma itu. Mereka khawatir jika membudidayakan ikan hias siapa yang mau beli atau tidak laku,” ujarnya.

Namun, lanjut Endri, saya coba mendatangi para petani daerah sini untuk diberi pemahaman dan pengertian, hingga akhirnya mereka juga sudah mulai membudidayakan ikan hias. Dimana sebagian hasil dari budidaya ikan hias mereka juga dijual disini.

“Saya memulai ini belum lama baru bulan Januari, dan hasilnya lumayan. Jadi kalau ada masyarakat disini yang mau fokus dibidang ini lebih bagus, karena cara pikirnya gini aku untuk sampingan saja sudah mendapatkan hasil apalagi yang fokus,” ungkapnya.

Sementara itu berkaitan dengan Pandemi Covid-19, Endri Handoko mengungkapkan tidak begitu terdampak terhadap bisnis ikan hiasnya, hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat yang memulai hobi barunya dirumah, salah satunya ialah memelihara ikan hias.

“Kalaupun terdampak itu terjadi pada pengiriman, karenakan saat ini penerbangan ada pembatasan,” pungkasnya.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

More in Ekonomi