DaerahKota Banjarbaru

Bangkitkan Kembali Pentas Seni Tari Budaya, Pemko Banjarbaru Peringati Hari Tari Dunia 2022

0

BANJARBARU, REPORTASE9.COM – World Dance Day South Borneo 2022 (Hari Tari Dunia Kalimantan Selatan) ke 8 kembali digelar secara offline yang dilaksanakan di Bioskop Misbar, Jalan Pangilma Batur. Sabtu (14/05/2022).

Peringatan Hari Tari Dunia 2022 ini dihadiri oleh Walikota Banjarbaru diwakili Asisten II Puspa Kecana, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Banjarbaru Ahmad Yani Makkie, dan dimeriahkan oleh sekitar 70 partsipan kelompok penari yang ada di seluruh penjuru Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya saat membuka peringatan ini, Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin diwakili Asisten II Puspa Kencana mengapresiasi adanya Hari Tari Dunia 2022 yang diadakan di Kota Idaman ini sejak terhenti dua tahun akibat Pandemi Covid-19.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dapat dijadikan momentum untuk menggelorakan kembali semangat berkarya dan berkesenian setelah dua tahun kehidupan kita dibatasi oleh pandemi,” ungkapnya.

Kepala Disporabudpar Kota Banjarbaru Ahmad Yani Makkie. Foto : Azmi

Sementara itu, Kepala Disporabudpar Kota Banjarbaru Ahmad Yani Makkie mengutarakan bahwa, peringatan Hari Tari Dunia 2022 ini merupakan momentum yang tepat setelah sekian lama tidak melakukan aktifitas kesenian.

Karena menurutnya, momentum ini dapat dijadikan sebagai wadah unjuk gigi kesenian Kalimantan Selatan, khususnya Banjarbaru untuk dikenal di dalam negeri maupun mancanegara.

“Jadi ini momentum kita untuk memperkenalkan seni kita, keberagaman kita kepada dunia luar bahwa ini Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Lalu, Ketua Nanang Galuh Kota Banjarbaru Handy mengatakan bahwa, pihaknya di Nanang Galuh selaku inisiator mengaku sangat senang sudah bisa ikut terlibat dalam peringatan Hari Tari Dunia Kalimantan Selatan 2022.

Oleh karena itu, Handy berharap perayaan Hari Tari Dunia seperti ini, bisa dilakukan setiap tahunnya agar pelaku seni di Kalimantan Selatan merasa memiliki wadah untuk berekspresi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi pemicu kebangkitan seni di Kalimantan Selatan dan menjadi titik kita semua untuk terus berkegiatan dan sebagainya,” harapnya.

Selain ada pertunjukan seni secara langsung, dalam peringatan Hari Tari Dunia 2022 di Bioskop Misbar ini, diagendakan juga kegiatan nonton bareng penampilan seni tari dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Daerah