HiburanKabupaten Tanah BumbuLingkungan

Ayo Berwisata, Pantai Tebing Menunggu di Akhir Pekan

0

REPORTASE9.COM, Tanah Bumbu – Akhir prkan ini, mumpung kondisi lagi mendukung, kenapa tidak berakhir pekan di pantai saja.

Nah, mungkin untuk akhir pekan minggu ini, wisata baru bernama Pantai Tebing, Desa Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu patut dicoba.

Pantai dengan pasir lembut yang di hiasi dengan hamparan tebing tanah memanjang, sekilas mengingatkan dengan wisata pantai Paeangtritis di Jogyakarta.

Pantai Tebing ini mulai banyak di minati pengunjung dari luar kota, sejak
terekspose baru baru ini.

Tenpat wisata baru ini, menjadi salah satu kekayaan alam di Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Kecamatan Sungai Loban.

Melalui Gerbang Desa Damar Indah, selanjutnya kita disuguhkan untuk dinikmati landscape menawan, ciptaan yang Maha Agung.

Salah satu pengunjung di Pantai Tebing, Muhammad Afriansyah, mengaku sudah pernah dua kali mengunjungi tempat ini.

Ia merasa tempat ini memiliki arti ketenangan, dan keasrian yang masih terjaga, dan belum banyak masyarakat mengetahui lokasinya.

“Aku juga dengar Informasi destinasi Pantai Tebing ini dari orang-orang pecinta alam, Aku bersama rombongan 5 kawan ku hari ini, ya kami datang melalui jalan dalam arah Lasung, untuk liburan sekalian masih merasa penasaran tentang pantai ini, kami dari Desa Karang Bintang yang menempuh jarak sekitar 3 jam untuk sampai ke lokasi ini,” ujarnya.

M Afriansyah, menyampaikan, suasana pantai ini begitu nyaman digunakan untuk bersantai, camping dan bermain volly pantai.

Area lingkungan pantai masih sejuk, asri dan belum banyak peminatnya.

“Saran nya ya, lebih di ekpose aja, tempatnya asyik ditemani tebing yang menghadap ke laut, dikelilingi pepohonan hijau dan rindang,” ucapnya.

Kekurangannya ungkap Afriansyah, plang wisata di masih belum ada, padahal pantai bagus, namun terletak di daerah terpencil dengan jalan masuk bebatuan sekitar 1,5 Km dari jalan aspal karena itu perlu papan penunjuk lokasi.

Kemudian untuk tempat berteduh, pengunjung hanya bisa ngadem di bawah pepohonan, belum ada bangunan gazebo untuk bersantai.

Pengunjung lainnya, Djalu Aji Pratomo,  mengatakan pantai ini memiliki gradasi 3 warna yaitu coklat, hijau dan biru, yang membuat pengunjung terpukau.

“Aku baru pertama kali kesini sama teman dan keluarga pakai kendaraan bermotor, semua senang datang ke tempat ini, pas awal sampai langsung terpesona, ada tebing tinggi dengan hutan hijau di atasnya, tempatnya asyik apalagi buat anak muda sekarang, ada ayunan yang terbuat dari kayu juga, terutama warga di sini sangat ramah dengan pengunjung yang datang, kami juga menjaga sopan santun dan tata krama berkunjung dengan menghormati tempat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Pantai Tebing Desa Sungai Dua Laut ini lingkungannya tidak tercemar oleh sampah, panorama semakin bertambah bagus saat terbitnya sunrise karena laut berada di timur. 

Warga setempat, H Burhanuddin menimpali bahwa wisata pantai tersebut memang baru saja informasinya tersebar hingga luar daerah dan diminati pengunjung.

Pengunjung menurutnya, banyak yang datang dari jauh, seperti para pelajar yang datang Banjarbaru.

“Pantai Tebing ini tentu aman, tidak ada yang membuat kegaduhan, kalau dari jalan raya provinsi, masuk itu kan melalui dua desa, dari pintu gerbang Desa Damar Indah, masuknya kurang lebih 6 Km. Dari Kecamatan Simpang Empat ke lokasi pantai sekitar 50 Km, dari Kota Pagatan berjarak sekitar 20 Km. Ada Wisata Pemancingan di tengah lautnya juga, kalau bayar kapal yang disewakan nelayan sekitar, bisa dikenakan harga kisaran Rp.700.000 hingga Rp.1,2 Juta, tergantung sebarapa jauh permintaan lokasi mancing, terumbu karangnya juga bagus,” katanya.

Di samping itu, Hj, Kamsiah, warga Desa Sungai Dua Laut Rt. 04 yang dekat lokasi Pantai Tebing, menerangkan baru-baru ini pantai ramai dengan kegiatan pengunjung.

“Banyak yang singgah di rumah sini untuk nanya lokasi, tadi malam pengunjung dari banjarbaru ada, bermalam mendirikan tenda, para pelajar terkadang juga datang untuk melakukan tugas penelitian dari sekolahnya dan apalagi ada wisata pemancingan di tengah laut juga diminati, sementara ini pantai dikelola oleh Karang Taruna setempat,” tutup Hj. Kamsiah.

Pantai Tebing, menawarkan keindahan alami tanpa di pungut biaya, berwisata di alam bebas, menyalurkan hobi yang dimiliki, tentu menjadi tempat yang sangat cocok untuk di kunjungi bersama keluarga, rekan kerja maupun para sahabat.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Hiburan