Daerah

Akibat Inflasi PT Air Minum Intan Banjar Naikkan Tarif Air Bersih

0

BANJARBARU, REPORTASE9.COM – Terjadinya Inflasi operasional penyediaan bahan baku air bersih, PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda) akhirnya harus menaikkan tarif air bersih menyesuaikan tarif wilayah provinsi Kalimantan Selatan sebesar 20 persen.

Ketua Dewan Pengawas PT Air Minum (PTAM) Intan Banjar H Mokhamad Hilman menegaskan, kenaikan tarif air bersih ini kembali dilakukan ditahun ini, yang mana sebelumnya sejak tahun 2012 lalu tidak ada kenaikan harga tarif.

“PTAM Intan Banjar sejak tahun 2012 tidak menaikkan tarif air minum,” tegasnya usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Aula PT Air Minum Intan Banjar, Kota Banjarbaru. Rabu (11/05/2022).

Lebih jauh ia menjelaskan, PT Air Minum Intan Banjar saat ini mendapatkan suplai air bersih dari dua tempat berbeda yakni di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Drupadi, dan Badan Pengelola Air Minum (BPAM) Banjarbakula.

Di dua tempat penyuplai bahan baku air bersih untuk PT Air Minum Intan Banjar itu, ia mengatakan sudah mengalami kenaikan harga tarif air bersih sebesar 10 persen.

Sehingga mau tidak mau pihaknya terpaksa ikut menaikkan harga tarif air bersih yang tidak pernah naik sejak tahun 2012 atau 10 tahun lalu tersebut.

“Keduanya sudah naik 10 persen dari harga sebelumnya,” ungkapnya.

Kenaikan tarif ini disampaikan Mokhamad Hilman yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar itu, dilandasi akibat adanya inflasi dalam pengoperasionalan air bersih PT Air Minum Intan Banjar.

Meski begitu, ia menegaskan kenaikan tarif air bersih ini tidak akan dirasakan oleh kelompok 1 yang merupakan pelanggan dengan berpenghasilan rendah dan fungsi sosial.

“Intinya untuk kalangan masyarakat bawah tidak naik, kalau kelompok 1 itu untuk masyarakat yang berpenghasilan menengah dan fungsi sosial itu kita memberlakukan tarif bawah, disubsidi silang dari harga dasar, jadi tetap sama seperti dulu tidak naik, nah untuk kelompok lainnya itu yang dinaikkan,” pungkasnya.

Rencanya kebijakan kenaikan tarif air bersih oleh PT Air Minum Intan Banjar tersebut akan dilakukan pada Juli 2022 mendatang.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like

More in Daerah