Kota Banjarbaru

Akhirnya Lapas Kelas II B Banjarbaru Buka Jam Besuk

0

BANJARBARU,REPORTASE9.COM – Berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) jam besuk di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Banjarbaru telah dibuka kembali setelah 2 tahun ditiadakan akibat pandemi covid 19. Rabu,(6/7/2022).

Kepala Lapas Kelas II B Banjarbaru Amico Balalembang mengatakan, dibukanya kembali jam besuk untuk keluarga WBP ini berdasarkan Surat Edaran dari Dirjen Pemasyarakatan untuk seluruh Lapas di Indonesia.

“Dari minggu kemarin, kita memang menunggu regulasi dari Dirjen Pemasyarakatan, dan sudah keluar, serta kita laksanakan. Namun ada syarat-syarat yang harus dipenuhi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), maupun keluarga WBP,”terangnya.

Amico menerangkan bahwa, untuk waktu kunjungan yang diberikan kepada pihak keluarga hanya satu kali dalam seminggu, dengan waktu besuk selama 15 menit. Yang di izinkan membesuk WBP adalah keluarga inti sesuai dengan Kartu Keluarga, sudah vaksin booster, PCR, atau Rapid Antigen.

“Dalam pengaturan jadwal besuk ini, kita bagi per blok secara bergantian, misalnya untuk hari senin jadwal blok A dan B,”ungkapnya.

“Untuk keluarga yang membesuk selagi memenuhi persyaratan, tentu kita membukakan langkah akses untuk menemui WBP. Kalau tidak memenuhi persyaratan, kita masih sediakan akses untuk video call,”tambahnya lagi.

Dengan adanya jam besuk ini, Amico menyatakan, pihaknya tetap memperketat setiap yang masuk ke Lapas Kelas II B Banjarbaru dengan diperiksa dipintu masuk penjagaan petugas Lapas.

“Tentunya penggeledahan barang dan orang itu yang kita perketat, karena memang selama 2 tahun ini tidak ada layanan besuk,” ucapnya.

“Makanya, kepada rekan-rekan di Lapas saya minta berkonsentrasi untuk hal ini, jadi akan kita lihat perkembangannya sampai 2 minggu kedepan frekuensinya gimana,” sambungnya.

Dengan ini, Lapas Kelas II B Kota Banjarbaru sudah membuka dua layanan bagi keluarga, yakni besuk dan penitipan makanan dengan jadwal yang sudah ditentukan, dari Senin-Kamis, dan Sabtu.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You may also like