AdvertorialKota Banjarbaru

Perhari Volume Sampah di Banjarbaru Capai 135 Ton

0
Keadaan sampah di Banjarbaru. Foto : Azmi

BANJARBARU, REPORTASE9.COM,- Ternyata volume sampah di Kota Banjarbaru setiap harinya mencapai rata-rata 135 ton berdasarkan data yang terbuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dari
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarbaru.

Produksi sampah yang terus meningkat tiap tahunnya dikarenakan faktor mobilitas pertumbuhan penduduk, kegiatan perekonomian dan mobilitas aktivitas masyarakat di hari libur mempengaruhi timbulan volume sampah di Kota-Kota besar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru, Sirajoni saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (16/12/2021) mengatakan, dari data volume sampah yang tercatat per hari di tahun 2021, mengalami peningkatan sekitar 10 ton jika dibandingkan tahun sebelumnya pada 2020 yang hanya mencapai rata-rata 125 ton.

“Yang masuk ke TPA rata-rata sekitar 135 ton, kalau tahun kemarin sekitar 125 ton per harinya, jadi naik sedikit sekitar 10 ton di 2020 ke 2021,” ujarnya.

Meski meningkat jika dibanding tahun lalu, volume sampah per harinya di Banjarbaru dikatakan Sirajoni juga mengalami pengurangan sebanyak 20 ton.

Hal ini terjadi karena adanya program DLH Banjarbaru untuk mengurangi sampah, seperti melalui Pusat Daur Ulang (PDU), TPS3R, Bank Sampah, kebijakan larangan penggunaan kantong plastik di ritel, dan kegiatan masyarakat lainnya.

“Karena program kita ada juga pengurangan sampah, seperti melalui PDU, TPS3R, Bank Sampah, larangan penggunaan kantong plastik melalui Perwali No 66, dan kegiatan pemulung itu mengurangi sampai 20 ton per hari,” jelasnya.

Untuk membantu proses pengangkutan sampah, pihaknya juga memiliki armada pengangkut sekitar 43 unit terdiri dari 25 truk konteiner Amrol, 18 dump truk, bertugas mengangkut sampah dari 106 TPS yang tersebar di Kota Banjarbaru.

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You may also like

More in Advertorial